Sambut HJB Ke - 384, Pemdes Mpuri Gelar Rapat bersama Masyarakat
Cari Berita

Pasang iklan

 

Sambut HJB Ke - 384, Pemdes Mpuri Gelar Rapat bersama Masyarakat

Senin, 01 Juli 2024

BIMA. Gerbangntb com - Perayaan Hari Jadi Bima (HJB) dengan "Tema Rimpu Marimpa" Pemerintah Kabupaten Bima-NTB. Akan merayakannya sedikit berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Tahun ini (2024) perayaan akan digelar dimasing - masing-masing wilayah Kecamatan Se - Kabupaten Bima. 

Menindaklanjuti perubahan itu, masing - masing Pemerintah Desa diwilayah Kecamatan Madapangga saat ini tengah persiapkan diri. Seperti dilakukan oleh pemerintah Desa Mpuri lakukan rapat bersama aparaturnya dan anggota BPD serta mengundang perwakilan sejumlah tokoh - tokoh masyarakat desa setempat.

" Hari ini (Senin red) kami baru saja mengelar rapat persiapan dalam menyambut HJB Ke-384, rapat tersebut untuk menindaklanjuti terkait adanya instruksi dari pemerintah daerah bahwa kegiatan HJB tahun ini akan digelar di masing - masing-masing wilayah Kecamatan, " ujar Kepala Desa (Kades) Mpuri Abdullah S.Pd saat di temui oleh awak media ini di kantornya. Senin 1 Juli 2024.

Dikatakannya, perayaan menyambut HJB tersebut, sesuai jadwal akan digelar pada hari Rabu, 3 Juli 2024, mengunakan pakaian adat Bima, ungkapnya.

Kades Mpuri dalam kesepakatan tersebut berharap adanya dukungan dari semua masyarakat untuk ikut serta memeriahkan kegiatan HJB yang terpusat di wilayah Kecamatan nantinya. Selain itu, Abdullah juga menghimbau agar masyarakat Desa Mpuri mempersiapkan segala sesuatunya, baik alat musik tradisional, utamanya berhubungan dengan busana budaya bima (kain rimpu), ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua BPD Mpuri, Suradin juga berharap agar seluruh lapisan masyarakat Desa Mpuri ikut ambil bagian, memeriahkan HJB di hari pelaksanaan kegiatan nantinya.

Tentunya kegiatan HJB, lanjut dia, wajib kita dukung, guna mempertahankan budaya bima di mata dunia. Apa lagi kegiatan yang dilakukan merupakan hajat yang diprakarsai oleh pemerintah Kabupaten Bima. " Kita harus terus mendukung dan gaungkan budaya bima ini sehingga tidak luntur oleh peradaban jaman modernisasi saat ini, tandas. (B.- Cen*)