Usai Membuka Dompu Expo, Bupati Dompu Lepas Karnaval Muna Pa'a
Cari Berita

Pasang iklan

 

Usai Membuka Dompu Expo, Bupati Dompu Lepas Karnaval Muna Pa'a

Selasa, 25 Juni 2024

DOMPU - Karnaval Muna Pa'a dihadiri ribuan elemen masyarakat dengan mengenakan pakaian berbahan dasar Muna Pa'a mengawali pelaksanaan Dompu Expo. 

Dalam kegiatan tersebut, dilepas oleh Bupati Dompu, H. Kader Jaelani di Lapangan Beringin menuju Lapangan Karijawa Dompu, lokasi Dompu Expo berlangsung. Sebelumnya Bupati Dompu secara resmi membuka Pagelaran Dompu Expo. Senin (24/06/2024.

Sesampai di lokasi kegiatan peserta Karnaval Muna Pa'a diajak Menari Tarian Kolosal "Pesona Muna Pa'a" secara bersama".

Dalam amanatnya saat membuka Dompu Expo, Bupati AKJ, sapaan akrab Bupati Dompu menyebut membludaknya peserta Karnaval Muna Paa menjadi awal kebangkitan UMKM. 

Menurut Bupati AKJ membludaknya peserta Karnaval Muna Pa'a menunjukan aktivitas ekonomi masyarakat meningkat.

"Banyak masyarakat dalam Karnaval Muna Pa'a yang diagendakan tidak memakai pakaian bercorak Muna Pa'a disebabkan produksi Muna Pa'a masih sangat terbatas", katanya.

Pemerintah daerah harus berupaya yang keras agar stock Tenunan Muna Pa'a dapat tersedia dalam jumlah yang cukup saat dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat seperti dalam event Dompu Expo saat ini. 

"Guna meningkatkan stock muna Pa'a agar tersedia sesuai kebutuhan saya meminta Perangkat Daerah terkait untuk ikut memikirkan hal dimaksud", terangnya. 

Bupati AKJ di momen ini juga menyebutkan membludaknya peserta Karnaval Muna Pa'a di Acara Pembukaan Dompu Expo mendorong pemerintah terus memberikan perhatian lebih kepada UMKM Muna Pa'a terus meningkatkan produktivitasnya dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

"Dengan hadirnya berbagai event semacam Dompu Expo membuat perekonomian bergulir memberikan banyak manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat", ujarnya.

Katanya lagi tidak hanya UMKM Muna Pa'a yang kewalahan memenuhi pesanan namun para penjahit pun ikutan kewalahan dalam menerima order saking banyak pesanan jahitan dari masyarakat. 

Belum lagi para pedagang asongan ataupun UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner dan olahan makanan minuman lainnya mereka juga dalam keadaan sibuk melayani para pembeli di event Dompu Expo yang berlangsung. 

"Bisa dikatakan dengan hadirnya kegiatan Dompu Expo memberikan dampak yang baik bagi pergerakan ekonomi masyarakat yang juga memberi pengaruh yang positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat", tuturnya menegaskan. 

Diakhir Bupati AKJ mengapresiasi semua pihak yang telah menginisiasi event yang berlangsung. 

"Dengan terselenggaranya Dompu Expo 2024, saya mengapresiasi semua pihak yang telah berperan baik secara langsung ataupun tidak langsung sehingga berjalan sukses", tutupnya.

Dalam pantauan acara yang juga diikuti Ketua DPRD, Ketua Bappeda dan Litbang NTB, Anggota Forkopimda, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah dan elemen penting lainnya berlangsung aman, tertib, lancar dan mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat.

Dompu Expo sesuai rencana digelar selama 6 (enam) hari kedepannya, dari tanggal 24 - 29 Juni 2024. (G/tim*)