TPID Provinsi Kalteng Lakukan Studi Banding di Kabupaten Dompu
Cari Berita

Pasang iklan

 

TPID Provinsi Kalteng Lakukan Studi Banding di Kabupaten Dompu

Sabtu, 22 Juni 2024

BIMA. Gerbangntb com - Pembangunan Bidang Peternakan di Kabupaten Dompu mengalami banyak kemajuan. 

Dengan berbagai kemajuan yang dicapainya membuat daerah lainnya di Indonesia tertarik melakukan Studi Banding di Kabupaten Dompu. 

Provinsi yang tertarik dengan kemajuan Bidang Peternakan Kabupaten Dompu adalah Provinsi Kalimantan Tengah. 

Provinsi Kalimantan Tengah melalui Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID), Jumat (21/06/24) melakukan Studi Banding di Kabupaten Dompu. 

Kehadiran TPID Provinsi Kalimantan Tengah secara resmi diterima oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT di Ruang Rapat Bupati Dompu. 

Dalam acara penerimaan tersebut Wabup H. Syahrul Parsan didampingi Kepala Disnakwan, Muhammad Abduh, SE., M.Si.

TPID Provinsi Kalteng yang hadir terdiri dari Asisten Administrasi Pembangunan, Kepala Biro Ekonomi, Pejabat Eselon III dan IV, Perwakilan Bank Indonesia dengan jumlah yang hadir sekitar 30 orang.

Saat menerima kehadiran para tamunya Wabup H. Syahrul Parsan menyebut sektor peternakan menjadi salah satu program prioritas Jarapasaka selain Jagung, Porang, Padi, dan ikan. 

"Sektor peternakan dapat memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat umumnya dan masyarakat peternak khususnya", sebutnya.

Wabup dalam kesempatan ini juga menjelaskan bahwa populasi ternak di Kabupaten Dompu setiap tahunnya mengalami peningkatan melebihi target dalam RPJMD.

Hal tersebut menurut Wabup menunjukan masyarakat Dompu benar-benar memahami prospek besar bidang peternakan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. 

"Kunjungan Tim TPID Provinsi Kalimantan Tengah yang hadir melakukan Studi Banding menunjukkan bahwa adanya keberhasilan program atau bidang peternakan di Kabupaten Dompu", ujarnya. 

Berikutnya dalam waktu dan kesempatan yang sama Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Muhammad Abduh menyampaikan adanya peningkatan populasi ternak melebihi target dalam RPJMD didukung oleh langkah strategis, program dan kegiatan.

Langkah strategis, program dan kegiatan yang disebut Muhammad Abduh itu adalah
Peningkatan Pelayanan Kesehatan Hewan, Peningkatan Program Inseminasi Buatan (IB), Ketersediaan Pakan baik kualitas maupun Kwantitas, Dukungan Sarana dan Prasarana Fisik, dan Peningkatan Pengawasan Lalintas Ternak. 

Dalam kunjungan Studi Banding tersebut dilakukan penandatanganan Nota Kerjasama antara Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu.

Hal yang dikerjasamakan terkait Penyediaan Bibit Ternak Sapi Untuk Peningkatan Populasi dan Produksi dalam rangka Pengendalian Inflasi di Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam pantauan penerimaan para pejabat Kalteng yang melakukan Studi Banding oleh Wabup H. Syahrul Parsan berlangsung dalam suasana akrab dan penuh kekeluargaan. (G/tim).