Melantik 144 PPDP, Ketua PPK Bolo Minta Angota PPDP Jangan Lakukan Tugas Jarak Jauh
Cari Berita

Pasang iklan

 

Melantik 144 PPDP, Ketua PPK Bolo Minta Angota PPDP Jangan Lakukan Tugas Jarak Jauh

Senin, 24 Juni 2024

Bima, Gerbangntb.com - Jelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bima (Bupati) tahun 2024 ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima-NTB. Gelar beberapa tahapan kegiatan. Salah satunya melantik dan berikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Petugas Pemutahiran Daftar Pemilih (PPDP) di tiap - tiap Kecamatan Se - Kabupaten Bima.

Seperti dilakukan diwilayah Kecamatan Bolo, Ketua Panitia Pemilihan (PPK) Bolo, Sudirman S.Pd melantik 144 orang Petugas Pemutahiran Daftar Pemilih (PPDP). Senin, 24 Juni 2024.

Acara pelantikan yang disertai pemberian pendidikan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang terpusat di Gedung Aula Kantor Kecamatan Bolo tersebut, dihadiri langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bima, Ady Supriyadi. Dengan pemateri Sudirman S.Pd dan Nur Raihan S.Pd.

Dikesempatan tersebut, Sudirman yang juga ketua PPK Kecamatan Bolo, menyampaikan, usai dilantik PPDP artinya sudah bisa langsung bekerja di masing - masing lokasi tempat tugas.

Sudirman mengingatkan seluruh anggota PPS dan PPDP yang hadir agar melaksanakan tugas sesuai regulasi, di antaranya menjaga netralitas dan integritas, serta tidak bekerja jarak jauh agar data pemilih falid." Anggota PPDP harus lakukan tugas dengan langsung bertatap muka dengan calon pemilih, tidak boleh Jarak jauh atau bekerja di rumah sehingga tidak ada calon pemilih yang terlewatkan, tentunya pendataan berdasarkan form A dengan bukti administrasi calon pemilih itu sendiri," terangnya.

Sebelum menutup pembicaraannya, Sudirman berharap semua anggota yang dilantik dapat bekerja dengan maksimal sesuai masa kerja yang telah di tentukan yaitu, mulai 24 Juni sampai 25 Juli 2024.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bima, Ady Supriyadi dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa pihaknya hadir dalam rangka monitoring kegiatan pelantikan dan pelaksanaan kegiatan Bimtek di berapa Kecamatan. " Sebelum ke Kecamatan Bolo, tadi kami melakukan monitoring di wilayah Kecamatan Soromandi, " ujarnya.

Ady menjelaskan, bimtek bertujuan agar seluruh adhoc pilkada serentak di wilayah setempat memahami teknis pemutakhiran data pemilih, sehingga tersusun data pemilih yang akurat dan akuntabel. Sehingga nanti masyarakat yang memiliki hak pilih pada pilkada serentak tahun 2024 semuanya tercatat, tuturnya.

Ketua KPU ini dalam kesempatan tersebut mengingatkan serta memberikan motivasi kepada anggota PPDP, dalam melaksanakan tugas tetap semangat dan jangan berkecil hati karena satu bulan menjalankan tugas di lapangan. 

Ada hal yang menarik saat teman - teman PPDP melaksanakan tugas dilapangan lanjut Ady, tantangan tentunya pasti ada kerena harus berinteraksi langsung dengan masyarakat. Nanti jangan kaget saat menghadapi masyarakat dilapangan kerena setiap orang tentunya berbeda karakter, " Saat Survei masyarakat, utamakan kesopanan, perkenalkan diri dan jelaskan apa yang menjadi tujuan. Dan jagan lupa gunakan seragam, atribut dan siapkan alat kerja, " imbuhnya.

Disampaikan juga, bahwa anggota PPDP sudah tersedia seragam dengan atribut lengkap, hal ini suatu kesyukuran dibandingkan dengan teman - teman PPS maupun PKD belum memiliki seragam. Disamping itu, sambung Ady, di tahun ini ada sedikit perbedaan dari tahun - tahun sebelumnya, karena anggota PPDP saat melaksanakan tugas dipermudah dengan coklit (data faktual) yang aplikasinya bisa di download langsung di google, katanya.

Sebelum menutup arahannya, Ady mengucapkan selamat bertugas kepada anggota PPDP serta meminta kepada seluruh anggota PPS dan Anggota PPDP saat bertugas bisa menjaga Marwah profesi. (G-02)